Minggu, 06 Maret 2011

Samsung Galaxy Mini di Mata Gue

Halo pembaca2 setia majalah online "Angin2an" gue.. :D
Cuma mau menepati janji gue kemaren ama anak2 twitter gue kemaren. Kali ini gue mau ngereview soal Hape Pahe (paket hemat) dari Samsung. Oke, Langsung aja gue bongkar Aib Galaxy Mini sesuai pendapat pribadi gue. So, gue bukan mau promo.. tapi mau ngebantu temen2 yang kemaren banyak nanya soal nih hape.

Galaxy Mini, hape keluaran terbaru dari Samsung ini dilengkapi ama ROM Android 2.2, alias Froyo. Berikut spesifikasi teknis lengkapnya :
  • General HSDPA 7.2Mbps, 900/2100 Mhz, EDGE/GPRS 850/900/1800/1900 Mhz
  • Form factor: Touchscreen phone
  • Dimensions: 110.4 x 60.8 x 12.1 mm, 105 g
  • Display: 3.2” capacitive touchscreen; QVGA (240x320) pixel resolution
  • CPU: ARMv6 600Mhz processor
  • OS: Android 2.2.1 (Froyo)
  • Memory: 160MB storage, 384MB RAM, hot-swappable microSD card slot (up to 16GB)
  • Camera: 3 megapixel fixed focus camera
  • Connectivity: Wi-Fi b/g/n, Bluetooth 2.1 with A2DP, standard microUSB port, GPS receiver with A-GPS, 3.5mm audio jack
  • Misc: FM radio, built-in accelerometer, proximity sensor, Swype predictive input method, Social Hub
Dengan Spek seperti itu, secara jeroannya sih gak jauh beda ama Nexian Journey yang pernah gue ulas beberapa minggu yang lalu. Pas pertama kali gue megang nih hape, layar sentuhnya responsif banget.. Fitur multi-touchnya juga mulusss. Untuk penampakan dan dimensinya, mari kita lihat gambar2 berikut :

Saat kita beli, kita bakal dapet kelengkapan Seperti Handset & Dus (pasti lah), CD driver, Manual books (ver. ing & indo), Travel Charger, Headset.

ini gambaran ukurannya kalo dibandingin ama bungkus rokok

Gambar Punggungnya

IMHO, Nih hape desainnya cukup minimalis dan elegan. Dibagian depan cuma ada tiga tombol Home (tengah), Menu (kanan), Back (kiri). Lalu tombol power ada di samping kiri dan port USB/charger ama jack earphone 3.5mm ada di bagian atasnya.

Soal konektivitas, untuk bisa terhubung dengan PC, nih hape memerlukan kabel data yang tidak kita dapatkan dari paket pembelian. tapi bisa make kabel data BB/punyanya Journey kok. Beda dengan Hape Journey yang plug and play (kita colok dan langsung muncul pilihan jadi modem/jadi usb storage/PC suite), Untuk bisa terhubung dengan PC, kita kudu install dulu driver yang udah ada di paket pembelian yang akan menanamkan program bernama KIES di PC kita. Berikut penampakannya :

KIES ini semacam PC suite yang gunanya untuk memanage file2 di hape kita via PC. ada menu untuk ngedit konten2 lagu, photo2, dan video. Ada juga beberapa menu tambahan dari Samsung seperti Samsung Apps, dll. Untuk proses pengisian filenya juga lumayan ribet, Gak semudah copy paste gitu aja. Kita kudu buka menu Music player di Kies, lalu add file dari hardisk ke KIES, baru deh bisa dimasukin ke device via KIES. Buat kalian yang udah lumayan ngerti soal system, boleh pake Menu "memory card explorer" yang bisa kamu aktivin via USB untuk ngedit content2 di memory card kamu. Tapi ya itu tadi, kalo belom begitu ngerti soal system, mending make KIES aja.. takutnya ntar ada folder penting kehapus atau any worst cases lainnya.. :)

Nah, buat yang demen oprek2 OS android, pasti gak afdol kalo tuh OS gak di "root" kan? Soal rooting nih device, ternyata gak sesimpel ngeroot di hape android lain yang cukup install aplikasi z4root dari market. Waktu kemaren gue coba ngeroot nih hape pake aplikasi z4root dan Universalandroot, gagal ternyata. setelah googling, akhirnya gue nemu aplikasi yang bernama SuperOneClick. Dimana proses rootingnya harus menggunakan bantuan PC dan kabel data. Kalo kita udah punya aplikasi itu, jalanin di PC, colokin hape (NB : Driver Kies udah terinstall di PC sebelumnya), dan pencet tombol ROOT, lalu tunggu sampe proses rooting selesai (+/- 1 menitan). Dan Voila! Si mini siap kita oprek semau kita! :D

Oh iya, dari menu Setting Standarnya nih hape, ternyata udah mendukung fitur Portable Hotspot. Yup! dengan masuk menu setting ->> wireless & network ->> Tethering & portable hospot-->> centang menu portable hotspot! Voila! Galaxy mini kamu udah bisa jadi server hotspot yang bisa diterima oleh laptop maupun hape lain! asik kan?? :D

Pembahasan berikutnya, yaitu soal layar/display. Dengan layar selebar 3.2", didukung resolusi yang (cuma) 240x320, interface nya jadi berkesan kasar. sungguh sangat disayangkan kalo hape dengan spek dan OS android punya interface sekasar ini. Sebagai perbandingan, emoticon Yahoo! messenger di hape ini, Bulatannya jadi keliatan kasar. Ekspresinya pun jadi gak jelas gitu dah.. :D

Untuk urusan Kamera, konon nih hape dibekali dengan kamera 3 Mp, tapi tampaknya senasib sama si Journey yang gak dibekali ama fitur autofocus. Jadi hasil jepretannya berasa kurang maksimal dan suka terkesan burem + Gelap. Berikut contoh hasil jepretannya :

Kondisi siang terang benderang dan flash on.

Terus.. gue ada tambahan tips buat kalian yang udah punya nih device. Tampilan standar nih hape kurang menarik kalo kita pake theme bawaannya. ntah kenapa pas liat bentuk asli menunya kok gue berasa tuh hape masih pake android versi Donut (jadul) ya??

Tuh, Tombol2 menu di layarnya berasa "kaku" banget! Nah, untuk mengakalinya, kita bisa ngeinstall aplikasi ADW Launcher dari market. dijamin deh tampilannya bakal lebih "Froyo".
Ini contoh kalo kita udah ngeinstall ADW launcher :



Kita jadi bisa ngatur menu2nya. mulai dari icon, lalu jumlah berapa shortcut di tiap baris dari menu di desktop. Bandingin deh tampilan White Mini standar di atas, ama yang dibawah ini (dengan bantuan ADW Launcher dan Multicon) :


Overall, nih hape cukup mantab untuk kelas hape dibawah 2 jutaan. karena OS Froyo nya memang lebih nendang dari OS Eclair yang masih diusung ama beberapa hape lain yang lebih mahal. Soal kekurangan2 lainnya? masih bisa ditolerir lah.. dengan display yang gue bilang "kasar" tadi, ternyata buat maen game Angry Birds masih lancar jaya kok.. :D

Terus menurut lo, nih hape pantes dibeli gak lit??

Yah.. kalo soal itu mah, tergantung pribadi masing2. Sesuaiin ama kebutuhan ajah.. kalo demen make hape buat ngenet dan social network, nih hape lumayan mumpuni. tapi kalo demen maen game HD di hape, nih hape terlalu maksa.. :D

Oke, gue kira gue gak bisa ngomong banyak2 lagi soal nih hape, belom lama megangnya sih. silahkan dibaca, dihayati dan gue menunggu tambahan info dari kalian. jangan ragu buat negur misal gue ada salah2 info. :D
CMIIW!

33 komentar:

  1. keren nih Bang infonya, btw CMIIW apaan sih? *beneran ga tau*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. mo komen apa yak...??gak jadi deh...

    BalasHapus
  3. @devi : CMIIW = Correct Me if I'm Wrong (benerin kalo tulisan gue ada yang salah) :D

    @astro : Lah.. bujug!

    BalasHapus
  4. keren bang ulasannya,gw baru bli ni hp tadi
    masih nubie banget ama yg namanya android

    ntar boleh nanya2 kan ? :D

    BalasHapus
  5. @dumsky : oke boy.. santai.. add aja YM gue (alit_kebo)

    BalasHapus
  6. thanks inpo nya bang! hehehe lagi nyari2 hp android di bawah 3 juta soalnya. pengen nya sih galaxi 551 bang doain biar dapet yak bang wkwk #ngarep #curcol. eh berarti hp bang alit sekarang 3 dong -_-

    btw bang root apaan? maklumin ya aku gatau. wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. mantap ripiwnya :D:D:D:D:D

    kapan neh beralih ke OS lain??? ke symbian^3 gitu???

    BalasHapus
  8. bang alit
    minta .apk nya MULTICON donk

    trs mau tanya
    kalo ng.root GALAXY 5 pake SUPERONECLICK bisa gak??

    BalasHapus
  9. @caramellite : gud luck buat huntingnya :D Root itu semacam akses luar biasa bagi kita buat ngotak atik file system.. kayak admin privilege gitu deh.. :D

    @RDmozero : aduh.. udah ga punya hape symbian lagi boy.. sini pinjemin :D

    @tomok : apk nya kan bisa dicari di market boy.. gratis kok.. :D
    Superoneclick bisa buat berbagai macam hape kayaknya .. yang penting ada drivernya di pc kamu :D

    BalasHapus
  10. thx penyesatan nya bang [baca : pencerahan]
    baru aja nginstall multicon ne.jd tambah rame nih widget nya.
    oia bang coba deh pake OPENHOME.sama keren nya kayak ADW EX.

    BalasHapus
  11. @tomok : yup.. next time gue coba.. thanks boy :D

    BalasHapus
  12. gua lagi bingung menentukan pilihan,
    ekhh nemuin site inii .
    lu dah jadi Sang Pencerah buat gua bang :D
    hhahahaa ...

    BalasHapus
  13. klo dibanding fit gmna lit?

    BalasHapus
  14. Siip bang alit...infonya guna banget kebetulan gua mau beli tu hape...

    BalasHapus
  15. nambah ilmu bgt abis baca ini, kebetulan jg gw make ni hp,, gw tadinya sering blanja di android market, eeh setelah tau blapkmarket.com jadi lebih enak lho ternyata, tinggal nginstal2 doang, trus pindahin ke hp,, voila.. jadi banyak deh aplikasi di hp.. tanpa musti nyedot GPRS kita..

    BalasHapus
  16. udah punya nih hape selama 1 bulanan,
    makasih ya bang alit, jadi nemu deh yang perlu ditambahin dari epon saya. :)

    BalasHapus
  17. Thanks sob...i will try root my froyo by using SOC....

    i have tried used the other..but thats not work as i want....

    BalasHapus
  18. galminku ada di dalam lemari tuh lit, soalnya sekarang ane pakek BB yg lebih jadul.. lha emang ane dasarnya orang jadul sih. Kalau megang android berasa di masa depan gitu deh.. mendadak gaptek.. hehe..

    komen dari dzofar.com

    BalasHapus
  19. yahhh lit beli mahal mahal dapet tombol cuma dikit

    BalasHapus
  20. bang alit, gimana ganti themenya..
    pake ADW Launcher gak bisa, bisanya pake go Launcher, gimana dong bang -_-

    BalasHapus
  21. Thanks for supply the detailed information about this cellphone.
    rolling sky

    BalasHapus
  22. Dapatkan Iphone 6 dengan mengikuti kompetisi blogger Sinyaliti.com
    Info lengkap bisa dilihat di: http://sinyaliti.com/kompetisi-blogger/

    BalasHapus
  23. Thank you for your information that you've shared.
    Maja

    BalasHapus
  24. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    BalasHapus
  25. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    BalasHapus
  26. Amazing post, I've been looking for the answer for a long time.

    Simone

    BalasHapus
  27. The article you have shared here very awesome. I really like and appreciated your work. I read deeply your article, the points you have mentioned in this article are useful

    vex 3

    BalasHapus
  28. Yuk dilihat artikel tentang beberapa patung Buddha terbesar di Dunia
    BEBERAPA PATUNG BUDDHA TERBESAR DIDUNIA

    BalasHapus
  29. Betway Casino, Las Vegas - MapyRO
    Search results for Betway Casino 목포 출장샵 (Las Vegas, 군포 출장마사지 NV). Sort by 창원 출장샵 cost, show 정읍 출장마사지 by industry. Sort 보령 출장마사지 by sport. Show all.

    BalasHapus